PENGORGANISASIAN PESAN YANG EFEKTIF MELALUI INTERAKSI

A.    Latar Belakang
Sebagai makhluk sosial manusia senantiasa ingin berhubungan dengan manusia lainnya. Ia ingin mengetahui lingkungan sekitarnya, bahkan ingin mengetahui apa yang terjadi dalam dirinya. Rasa ingin tahu ini memaksa manusia untuk perlu berkomunikasi.
Komunikasi merupakan salah satu aspek terpenting dan kompleks bagi kehidupan manusia. Manusia sangat dipengaruhi oleh komunikasi yang dilakukannya dengan manusia lain. Baik yang sudah dikenal maupun yang tidak dikenal sama sekali.
Sifat manusia untuk menyampaikan keingingannya dan untuk mengetahui hasrat orang lain, merupakan awal keterampilan manusia berkomunikasi secara otomatis melalui lambang- lambang isyarat kemudian dengan kemampuan yang memberi arti dalam bentuk bahasa verbal.
Komunikasi telah memperpendek  jarak, menghemat biaya, menembus ruang dan waktu. Karena komunikasi berusaha menjembatani antara pikiran, perasaan dan kebutuhan seseorang dengan dunia luarnya. Komunikasi membangaun kontak-kontak manusia dengan menunjukkan keberadaan dirinya dan berusaha memahami kehendak, sikap, dan perilaku orang lain. Komunikasi membuat cakrawala seseorang menjadi makin luas.
Komunikasi memiliki peran yang sangat vital dalam kehidupan manusia, karena itu pengorganisasian pesan dalam berkomunikasi sangat perlu dilakukan untuk memberikan makna yang jelas, mudah dipahami sehingga akan tercapai tujuan dari komunikasi tersebut. Oleh karena itu kelompok kami ingin membahas bagaimana pengorganisasian pesan dalam berkomunikasi itu. Dengan mengambil judul Pengorganisasian Pesan Yng Efektif Melalui Interaksi.

B.     Rumusan masalah
1.      Apakah arti pesan dalam komunikasi intepersonal itu?
2.      Apakah pentingnya pengorganisasian pesan ?
C.     Tujuan
1.      Untuk mengetahui pesan dalam komunikasi interpersonal
2.      Untuk mengetahui pentingnya pengorganisasian pesan

Read more

0 komentar: